Pulsa Gelombang

Tataplah gambar di bawah dengan penuh kelembutan…

Misalnya dirimu memegang seutas tali pada salah satu ujung (sebelah kiri) dan menyentakan tali tersebut. Setelah tali disentakkan maka akan timbul lengkungan alias lonjakan. Lonjakan tersebut akan menjalar sepanjang tali, sebagaimana tampak pada gambar di atas. nah, lengkungan alias lonjakan yang merambat tersebut dikenal dengan julukan pulsa alias pulsa gelombang (lebih tepatnya disebut pulsa gelombang transversal).

Jika pada contoh sebelumnya ujung tali bebas, maka pada contoh itu ujung tali terikat pada sebuah penyanggah. Jika tali disentakkan maka akan timbul lengkungan alias lonjakan yang merambat sepanjang tali. Karena ujung tali dihubungkan dengan penyanggah maka lengkungan alias lonjakan tadi dipantulkan kembali ke kiri… lengkungan alias lonjakan yang merambat tersebut dikenal dengan julukan pulsa alias pulsa gelombang.

Pulsa Gelombang Longitudinal

Jika sebuah pegas ditekan secara tiba-tiba maka akan timbul suatu rapatan. Rapatan ini merambat sepanjang pegas… rapatan yang merambat ini dikenal dengan julukan pulsa alias pulsa gelombang (lebih tepatnya pulsa gelombang longitudinal).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: